Wednesday 20 November 2013

Do you love yourself?! Yes?! No?!

Seringkali kita membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain. Contoh saja, ketika A atau B memiliki ini dan itu, kita juga menginginkan hal yang sama.

Kesuksesan orang lain tentunya bisa memotivasi agar kita bisa lebih baik, hanya saja sangat berbahaya ketika kita selalu ingin memiliki apa yang orang lain miliki.

ALLAH telah menciptakan masing-masing kita sempurna, tentu nya dengan kelebihan dan kekurangan! Dan jika kita sering meng-compare diri kita dengan orang lain, itu seolah-olah kita tidak mensyukuri nikmat ALLAH pada kita.

Nah untuk itu, ada beberapa langkah agar kita tidak terus-menerus membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain dan lebih bisa mencintai diri kita sendiri . . .


1. Accept yourself (both strengths and weaknesses)

Menerima kelebihan dan kekurangan diri.

Tanyakan pada diri anda, apa kelebihan dan kekurangan anda. Misalnya kelebihan anda yaitu anda bisa menyanyi. Berterimakasih lah pada ALLAH, karna ALLAH telah memberikan anda suara yang bagus. Jangan menyombongkan diri, jadikanlah hal tersebut membuat anda pandai bersyukur. Manfaatkan kelebihan tersebut sebagai sarana dakwah agar bisa menginspirasi khalayak ramai.

Lalu tanyakan pada diri anda sendiri, apa kekurangan anda. Misalnya anda tidak begitu bisa public speaking, akui dan terimalah kekurangan tersebut. Bukan berarti anda harus menghukum diri sendiri dan menyalahkan takdir. Tetap bersyukur pada ALLAH dan pada saat yang bersamaan, terus memperbaiki kualitas diri. There's always room for self-improvement!


2. Forgive yourself and people who hurt you

Maafkan lah diri anda dan orang-orang yang telah menyakiti anda.


Jika ada orang-orang di masa lalu yang telah membuat anda terluka dan trauma, maka maafkanlah. Masa lalu adalah bagian dari takdir ALLAH untuk menguji keimanan anda.

"Dan Kami jadikan sebagian kamu cobaan bagi sebagian yang lain. Maukah kamu sabar? Dan adalah Rabb-mu yang Maha Melihat" (QS. Al-Furqan: 20)

Maafkan juga diri anda yang mungkin telah berbuat salah bahkan menyakiti diri anda sendiri. Karena tidak ada seorang pun yang sempurna di dunia ini, termasuk anda!


3. Nobody's perfect 

Tidak ada seorangpun yang sempurna!

Seringkali kita berkesimpulan bahwa kehidupan A atau B lebih baik dari kita. Hidup mereka mulus tanpa ada hambatan. Tentu saja pemikiran seperti ini salah. Tidak ada satu manusia pun yang hidup nya sempurna, selalu saja ada ujian.

"Apakah kamu mengira mereka dibiarkan begitu saja mengatakan kami sudah beriman, sedang mereka tidak di uji lagi" (Al-Ankabuut : 2).

Setiap manusia ALLAH uji dengan hal yang berbeda-beda sesuai dengan kemampuan. Ujian tersebut bisa saja kelihatan gampang bagi kita, hanya saja bagi orang tersebut, hal itu adalah yang terberat yang sedang ia jalani. So, nobody has it easy!

"ALLAH tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupan nya"
(QS.  Albaqarah: 286)

Satu hal lagi, ingatkan pada diri anda bahwa, it's okay not to be perfect! Yang terpenting itu adalah selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik, dalam apapun itu yang kita lakukan.




3. Practise gratitude

Bersyukurlah.

Tanyakan pada diri anda hal-hal apa saja yang anda syukuri setiap hari nya. Sebaiknya anda lakukan setiap bangun pagi dan sebelum tidur malam.  Kalau bisa, tuliskan dalam sebuah jurnal agar anda bisa mengingat hal-hal yang telah anda syukuri.



4.  Find your hobbies!

Temukan kegemaran anda.

Tanyakan pada diri anda, hal-hal apa saja yang anda sukai. Kemudian bergabunglah dengan orang-orang yang memiliki kegemaran yang sama dengan anda.


5. Reward yourself!

Hargai setiap usaha anda!

Sekecil apapun itu, hargailah setiap usaha anda. Contoh saja, ketika anda sudah menyelesaikan sebuah tugas, maka hadiahilah diri anda dengan a pat on your shoulder! (sebuah tepukan di bahu).
Sambil menepuk bahu, anda bisa mengatakan good job, well done, dan segala jenis perkataan penyemangat lainnya. Tidak hanya itu, anda juga bisa menghadiahi usaha anda dengan hal lain, bisa dengan benda, atau melakukan hal-hal yang anda gemari.


5. Self-care

Merawat diri

Luangkan waktu untuk diri anda sendiri dengan melakukan hal-hal yang anda sukai (saya menyebutnya "me time"). Anda bisa menghabiskan nya dengan membaca, menulis, menggambar, memasak, menonton, berolahraga, atau bahkan shopping! Hal ini bisa di lakukan seminggu sekali  atau sesuai kebutuhan dan tentu saja dengan tidak mengenyampingkan hal-hal utama lainnya yang harus anda lakukan. Balance is the key!


6. Help those who are in need!

Menolong sesama!

Cobalah luangkan waktu untuk menolong sesama. Banyak di luar sana orang yang kurang beruntung dari kita yang juga membutuhkan bantuan. Seperti hadits nabi, sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat. Maka dari itu, tebarlah manfaat ke orang-orang sekitar kita. Saya yakin hal ini bisa membuat kita lebih bersyukur dan lebih bisa mencintai diri sendiri.


Ini hanya sebagian langkah-langkah dari saya agar kita semua lebih bisa mencintai diri sendiri. Tentu saja banyak tips-tips lainnya di luar sana yang juga bermafaat. Anyway, selamat mencoba dan good luck! ;D






4 comments:

  1. Replies
    1. Tulisan ini siap nya jam 11 malam yaa. Dan Yang kemaren nulis sampe jam 3 malam siapa yaa? Ngakuuu :D

      Delete
  2. Hola Eva, this is…orangepineapple (lol i'd rather use a pseudo name) from Australia!

    Oh i love this one…keeping our lives in balance is seriously difficult, i've been attempting to do this and i'd say i'm always fail…oftentimes i found myself making a long list of excuses such as "due dates coming by the end of this week", "my part time job is killing me and still i have to go to classes afterwards", etc etc etc…i kept on torturing myself with assignments and part time job, plus loads of coffee, minus me-time, thus i ended up being stressful and cranky all the time, lol! thanks for the writing, it has reminded me to get back on track ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. First of all, thank you so much for reading sis! Second of all, this is just a piece of writing that I wrote for myself. So to be honest, I'm still not there yet. Hehe. I'm working on it though. So I guess, if you feel that you're not there yet, we're really in the same page! And Insha ALLAH, we'll keep improving ourselves so that we'd be better each day! ;)

      Delete