Tuesday 27 December 2011

Bakwan Isi Wortel

Masa liburan selalu di penuhi dengan "kebosanan". Beginilah saya, selalu bingung kalau lagi masa-masa liburan. Tak tau harus berbuat apa. Paling saya membaca, nonton, atau bersih-bersih kamar.

Sore ini, saya merasa sangat-sangat lapar, alhasil saya ingin memasak sesuatu. Selain menulis, memasak juga salah satu pekerjaan yang paling saya gemari (bohong dikit gak apa-apa :D )

Naah, setelah celingak-celinguk ke dalam kulkas, saya menemukan roti dan selai strawberry, makanan middle eastern yang di bawakan oleh adik bapak saya, dan wortel. Jujur saya akui, saya sudah mulai bosan makan roti. Roti itu selalu saya jadikan pilihan terakhir kalau memang di rumah sudah tidak ada apa-apa lagi yang bisa di makan. Karna bapak saya paling hobi membeli roti, jadi roti bisa di katakan selalu memenuhi kulkas keluarga kami.
Kalau makanan middle Eastern yang di bawakan oleh adik bapak saya, seharian memang itu saja yang saya makan.
Hmm, saya berfikir, apa yang bisa saya lakukan dengan wortel. Kalau di jadikan jus, itu hanya sekedar minuman, tidak bisa menghilangkan rasa lapar. Saya berfikir keras, apa yang bisa saya lakukan dengan wortel. Lalu saya menggeledah kembali isi kulkas. Saya menemukan beraneka ragam tepung. Mulai dari tepung ketan (glutinous flour), tepung roti (rice flour) sampai tepung gandum (wheat flour).

Sebelumnya saya pernah membuat bakwan, tapi hasil nya gagal. Kalau tidak salah, saat itu saya menggunakan tepung beras. Alhasil bakwan saya keras seperti batu. Lalu saya google dan mengetik, "cara pembuatan bakwan". Terlampirlah beribu-ribu resep cara pembuatan bakwan. Di situ tertuliskan cara pembuatan bakwan yaitu dengan mencampurkan tepung roti dan tepung gandum. Hmm. Boleh di coba :D

Bagi saya resep yang di lampirkan begitu rumit dan saya adalah orang yang suka memakai jalan pintas (he he ). Dengan memakai prinsip asal jadi, jadilah saya hanya mengunakan resep yang saya terka-terka sendiri. Yaitu:


1. 2 sium bawang merah (potong kecil-kecil)
2. 1 sium bawang putih (potong kecil-kecil)
3. 1 mangkok tepung beras
4. 1 mangkok tepung gandum
5. Air secukupnya
6. 1 butir telur
7. Garam secukupnya

Cara pembuatan:
Tuang campuran tepung beras dan tepung gandum kedalam bejana. Kemudian pecahkan satu butir telur kedalam bejana tersebut. Lalu tuang air secukupnya kemudian aduk hingga merata.
Iris bawang merah , bawang putih, dan wortel kemudian tuangkan kedalam bejana.
Panaskan minyak kemudian goreng lah apa yang anda hendak goreng :D
Setelah di goreng hingga matang, angkatlah, dan kemudian bakwan nya siap di sajikan.

***Rasanya seperti nano-nano. Manis, asam , asin, tidak masalah yang penting sore itu saya puas karna bisa memakan sesuatu dengan hasil jerih payah saya sendiri :D
-Saya adalah customer terbaik saya di sore itu-






3 comments:

  1. it must be kranci ya va. pengen cuba. hehe

    ReplyDelete
  2. Boleh boleh kok . Tapi kalo ntar skit perut jangan salahin saia yaa :D he he

    ReplyDelete
  3. wahhh... boleh ni bisnis bakwaan ala Eva queen!

    ReplyDelete