Saturday 22 February 2014

Tampil natural? Siapa takut! :D

Teman-teman (sisters khususnya) pernah gak berharap model-model di majalah-majalah remaja di foto secara alami? Make up minimalis, dan gak pake editan camera?

Well beberapa minggu yang lalu saya sempat shock pas ngeliat salah satu majalah yang lagi popular di sini, menampakkan wajah seorang model wanita dengan make-up yang minimalis dan tanpa editan camera! Wajah nya natural sekali, lengkap dengan freckle (bintik-bintik hitam) nya!




Yes, yes, she is Emma Watson! :D 

Bagi saya ini hal yang sangat AMAZING!

Fenomena seperti ini jarang saya temukan di majalah2 remaja yg lagi trend.
(Atau mungkin ada, cuma saya aja yg g tau? :D)
Seolah-olah foto tersebut berpesan, "Well, ini wajah asli saya, gak perlu editan camera untuk merasa cantik. Cukup dengan make up yang minimalis and that's enough because I just love the way I am".
*Seandainya foto bisa berbicara 

Trus lagi di salah satu film dokumenter "Killing us softly", Jean Kilbourne memaparkan bahwa media, seperti majalah misalnya, berpengaruh besar terhadap pembentukan self-esteem wanita. Low self-esteem and eating disorders are common among women. Banyak wanita yang terobsesi untuk bisa menurunkan berat badan. Beliau juga menambahkan bahwa 80% anak-anak kelas 4 SD di San Francisco sudah mulai khawatir dengan penampilan mereka.

Apakah issue sepert ini sudah mulai populer di Indonesia?


Dulu semasa SMP dan SMA, saya pribadi sering gak PD-an kalo jerawat udah mulai bersemi. Padahal masa pubertas emang identik dengan jerawat ya kan? Alhasil saya sempat mencoba produk ini-itu, berharap jerawat-jerawat saya punah. Eh, gak tau nya jerawat nya makin mekar. Hihihi.
Saat itu saya tidak menyangka bahwa media benar-benar sangat powerful dalam mempengaruhi cara pandang seseorang, let alone to affect people's self-esteem!

Dan hal ini membuat saya bertanya-tanya, kenapa kita malu menampakkan jerawat/bintik hitam? Kenapa kita sering gak PD-an untuk tampil natural? Siapa bilang natural itu gak cantik? Siapa yang berhak mendefinisikan makna cantik? Media kah? Atau diri kita sendiri?


Kalau Emma bisa dengan bangga menampakkan freckle nya, saya juga bisa dengan bangga menampakkan jerawat saya! Hihihi.





I'm just beautiful me :D 

Bagaimana dengan teman-teman semua?  



No comments:

Post a Comment