Sunday 3 February 2013

An analogy

Analogi nya mgkn seperti ini.

Misalnya kita kena penyakit kanker (naudzubillah, ini cuma misalnya). Trus kita ke dokter spesialist kanker. Dan mmg benar2 ahli, bahkan seluruh dunia mengakui.
Nah, di rumah sakit, dokter bakal nyuntik, atau kita bahkan sampai di operasi. Dan dokter itu bilang, apapun yg saya lakukan adalah demi kebaikan kamu.

Kita g benar2 ngerti prosedur pengobatannya. Kenapa kita harus di suntik, atau di kasih obat ini itu. Kita bisa nanya, apa kandungan dari obat2an tsb, tapi tetap saja kita gak benar2 ngerti. Karna kalo benar2 ngerti, kita yg bakal jdi pak/buk dokter nya :D
Inti nya, ada kepercayaan bahwa dokter ini bakal berusaha utk nyembuhin kita. Dan kita yakin sekali kalo dokter hanya melakukan ini semua demi kebaikan kita.

Kembali ke analogi di atas. Seolah2 ada rasa percaya bahwa dokter menyuruh/melarang sesuatu karna hal tersebut baik bagi kita. Walaupun terkadang, cara nya harus dgn di suntik atau dgn menelan pil2 yg tidak kita ketahui isi nya apa.

Sama halnya dgn ALLAH. Kita g benar2 ngerti cara kerja ALLAH karna mmg ilmu ALLAH sangatlah luas. Dan ALLAH menyuruh/melarang sesuatu karna Ia tau hal tsb yg baik bagi kita. Walau terkadang kita harus merasakan sakit. (Misalnya meninggalkan orang yg paling kita cintai).
***Sama seperti dokter yg harus menyuntik atau bahkan sampai mengoperasi utk menyembuhkan penyakit kita.

Mmg ALLAH tidak bisa di samakan dgn dokter manapun. Hanya saja, ini sbuah analogy. Semoga bisa membantu :)

No comments:

Post a Comment