Wednesday 24 April 2013

Presentation?!! Yes or No?!

Helllllloooo guysss, udaah lama saya gak nulis dalam bahasa Indoonesiaaaa :D hahaha
Selama ini saya bukan nya sok-sok English, tapi saya pengen bisa mengimprove bahasa Inggriiis saya, especially tulis-menulis. Cuz I really suck at it , jadi itulah mengapa saya sering bercakap dalam bahasa Inggris di sinii :D

Anywaaay, kenapa saya menulis dalam bahasa Indonesia kalii ini?! Wallahua'lam, saya sendiri kurang mengerti, mungkin karna saya lagi kangen Indonesia kalii yaa, especially Aceh!!!

Sooo, what am I going to write about today?! It's about presentation!!!

Pasti kita semua udah pernah presentasi di depan kelas, ya kan?! pastiii nyaa udaaah dooong! Nervous?!! Nervous dooong pastinya!!! Siapa siih yang gak bakal nervous dengan presentasi, ngomong di depan kelas gitu. Sebagian sampe gemetaran, karna saking gugup nya. Sebagian lagi mengalami yang nama nya slurred speech, tiba-tiba gak bisa ngomong gitu looo! Dan sebagian lagi mendadak sakit, I'm getting sick!!! Please help!!!

Dan memang cukup understandable kenapa sebagian kita mengalami hal demikian.
Bagi saya pribadi, presentasi bukanlah hal yang mudah, apalagi ketika harus presentasi dalam bahasa Inggris, di depan bulek-bulek. Ohh nooooo  . . . . Rasa-rasa nya dunia seperti mau kiamaaat!!!

Lalu gimana caranya mengatasi rasa rakut akan presentasi???!!!

Know your material inside out!

Memang lebih afdhal jika kita mengetahui materi yang hendak kita presentasikan. Tidak sekedar tahu, tapi benar-benar paham apa yang hendak kita sampaikan. Karna gak mau doong kalo pas presentasi, pandangan kita terus-terusan tertuju pada note kita. Hanya saja bagi pemula, hal ini boleh-boleh saja. Karna memang semua nya butuh waktu dan latihan. One step at a time guys! Let's keep improving ourselves! ;)


Practise makes it perfect!

Sebelum presentasi itu memang sebaiknya latihan terlebih dahulu, cuz like the saying goes, practise makes it perfect! Cari seseorang yg bisa mendengarkan kita presentasi. Bisa ortu, sahabat, atau bahkan random people sekalipun yang kita temukan di jalan :D Hal ini di lakukan agar kita tidak lagi canggung di depan kelas nanti.


Know your audience!

I'm not saying kalo kita harus mengenal satu-satu audience kita yaitu tahu nama mereka, apa pekerjaan mereka, dimana mereka tinggal, atau berapa nomer sepatu mereka :P  Hanya saja kita perlu sadar kalo audience kita tersebut hanya manusia. Sama seperti kita yang hanya makan tiga kali sehari!!! Dan tentu saja, mereka juga pernah berbuat salah dan mungkin juga sama nervous nya dengan kita. Aaaaand, as we all know, nobody is perfect!!! ;)


Acceptance!

This is important! Terkadang kita merasa hasil presentasi kita kurang memuaskan, bahan-bahan nya kurang lengkap dan kurang menarik di bandingkan hasil kerja kelompok lain. Maka, terimalah kondisi kita saat ini. Katakanlah, alhamdulillah atas hasil kerja kita. Kalaupun ingin hasil yang lebih baik, maka coba tanyakan pada diri sendiri, "apa yang bisa saya lakukan agar presentasi kedepan nya lebih baik?!"
Akan tetapi, untuk saat ini cobalah untuk menghargai hasil kerja kita sendiri dan partner kita (jika kita melakukan presentasi secara kelompok).


Ask yourself, "What's the worst thing that can happen?!"

Sebagian kita takut presentasi karna membayangkan hasil presentasi kita tidak berjalan sesuai dengan keinginan kita. Takut kalo tiba-tiba kita lupa dengan apa yang hendak kita sampaikan. Takut kalo tiba-tiba tangan kita kegemetaran dan sampai di tertawakan oleh teman-teman kita. Takut kalo tiba-tiba di lempar sepatu sama teman-teman kita karna hasil presentasi kita nggak memuaskan. Kidding, gak laaa. Teman-teman kita gak sebrutal itu, hopefully not :D
Soo yaa, tanyakan pada diri kita, apa hal terburuk yang mungkin terjadi dan terima lah dengan keridhaan hati. Lagian, kalopun udah latihan capek-capek, trus hal-hal yang kita takutkan tersebut ternyata terjadi, bukankah ini karna kehendak ALLAH juga ya kan untuk menguji hambaNya?! Soo, ikhlas dan ridha adalah kunci nya! ;)

Semoga tips-tips ini membantu. Dan saya yakin di luar sana, pasti banyak lagi tips-tips menarik lainnya untuk mengatasi rasa takut dalam presentasi. Anywaay, I hope this helps! And good luck on your presentations guys! ;)

2 comments: