Sunday 4 November 2012

Kak Wani


Usia nya hanya dua tahun lebih tua dari ku tapi beliau sudah mengenal betapa keras nya hidup. Sejak usia dini beliau sudah harus mengadu nasib ke Batam bersama Kakak dan abang nya, meninggalkan kampung halaman tercinta, kota Sigli.

Setiap lebaran aku selalu pulang kampung, mau itu lebaran Idul Fitri atau lebaran idul Adha, pasti pulang kampung. Saat itu aku bertempat tinggal di Lhokseumawe.
Sempat beberapa kali aku bertemu dengan beliau saat lebaran. Lazim nya memang begitu. Banyak penduduk di kampung ku yang merantau keluar Sigli, dan kalo pulang memang di waktu lebaran.

Kami saat itu masih sama-sama kecil. Aku baru duduk di bangku SD, tepat nya kelas enam.
Saat itu aku tak tau kalau beliau masih melanjutkan sekolah atau sudah berhenti di tengah jalan. Kami hanya saling melirik ketika berpapasan. Tak menegur bukan karna enggan tetapi karna kami sama-sama segan. Maklum lah, masih sama-sama anak ingusan.

Itulah akhir pertemuan ku dengan beliau.

Ketika tak bertemu dengan nya lagi, aku selalu bertanya-tanya. "Ho ka 'Kak bulek' yang uroe nyan lon meurumpok?!" (Kemana kakak bulek yang saya jumpa kemarin-kemarin itu)
Ya, itulah panggilan ku terhadap nya karna memang beliau sangat-sangat cantik. Kulit nya putih bersih, rambut nya pirang, bola mata nya coklat kekuning-kuningan. Kalau orang Malaysia bilang, persis seperti mat soleh alias bulek.

Seperti menghilang di telan bumi!
Aku bertanya-tanya pada cecek ku yang kebetulan juga kenal dengan sodaranya. Dan memang cecek ku sudah bilang pada ku kalo kak Wani (nama samaran) sudah merantau ke Batam. Cecek ku juga bilang kalo ayah dan ibu kak Wani sudah meninggal dunia dan beliau sekarang tinggal bersama kakak dan abang nya.
Saat itulah aku sudah tidak mengusik lagi keberadaan nya.

Dan waktu pun berlalu.
Saat aku pulang ke Aceh kemarin, tepat nya di bulan Juni 2011, aku singgah di Malaysia.
Aku harus transit di sana karna memang tidak ada pesawat yang terbang langsung ke Aceh.
Saat itulah aku bertemu dengan nya kembali.

Saat pertama melihat nya aku tidak begitu mengenal nya. Wajah nya memang tidak asing bagiku, hanya saja ada sesuatu yang lain dari nya. Dia tidak seperti dulu lagi. Banyak yang sudah berubah dari nya. Tentu saja, dia bukan gadis kecil yang ku kenal dulu!
Saat bertemu, dia langsung mengenalku. Tapi kali ini kami tidak saling melirik lagi, dia langsung tersenyum pada ku dan mengajak ku bicara.

Beliau sudah tumbuh menjadi gadis dewasa yang sangat mandiri dan wibawa. Beliau tinggal bersama kakak kandung nya di Malaysia yang juga sedang mengadu nasib. Sekarang beliau bekerja di toko pecah belah, tidak jauh dari tempat beliau tinggal.
Saat itu kami tidak sempat berbicara banyak mengenai hal pribadi, karna waktu yang memang sangat-sangat singkat. Beliau hanya bercerita kalo beliau pernah menikah, akan tetapi hubungan mereka tidak berjalan lancar. Pernikahan itu harus di akhiri dengan perceraian karna tindak kekerasan yang di lakukan oleh suami nya.

Esok nya aku harus berangkat lagi ke Aceh karna aku di Malaysia cuma satu hari.
Saat itulah aku berfikir, apa yang ku alami memang tidak ada apa-apa nya jika di bandingkan dengan apa yang beliau alami. Usia kami memang tidak terpaut jauh, tapi penderitaan yang beliau alami sudah membuat beliau tidak seperti mereka-mereka yang berusia 23 tahun.

Sebelum aku berangkat ke Canada, aku singgah lagi di Malaysia. Saat itu aku memutuskan untuk menginap di rumah beliau. Malam itu sebelum tidur, kami berbicara tentang banyak hal.
Saat itu aku memang sedang galau-galau nya karna baru saja berpisah dengan teman-teman ku di Aceh.
Aku langsung menanyakan pada beliau, "Kakak meunyoe berpisah dengan urung-urung yang kakak sayang, kakak na moe?!" (Ketika kakak berpisah dengan orang-orang yang kakak sayang, kakak nangis gak)
"Sedeh pasti na lah dek, tapi hanjeut tanyoe berlarut-larut dalam kesedehan tanyoe. Tanyoe harus professional lam udep nyoe. Hanjeut ta jadikan kesedehan tanyoe sebagai penghalang. Meunyoe kakak pike, pat yang hana sedeh udep kakak dek. Kakak harus cere dengoen lakoe kakak. Tersiksa batin, rasa jih trauma dek. Hmm. Sebenar jih kakak iri ngen Eva. Eva jeut jak sikula panyang-panyang. Kakak hawa syit jak sikula dek. Tapi kiban, karna keadaan. Kakak harus kerja, meunyoe han peu ta pajoeh. Kiban ta bayee sewa rumoeh."
(Sedih pasti ada lah dek. Tapi jangan kita berlarut-larut dalam kesedihan kita. Kita harus bisa bersikap professional dalam hidup ini. Tidak boleh kita jadikan kesedihan sebagai penghalang. Kalau di pikir-pikir, di mana yang gak sedih hidup kakak dek. Kakak harus bercerai dengan suami kakak. Tersiksa batin. Rasa-rasa nya trauma. Sebenarnya kakak ingin seperti Eva yang bisa sekolah tingi. Kakak ingin bisa sekolah dek. Tapi bagaimana, karna keadaan. Kakak harus kerja, kalo gak kerja bagaimana kakak bisa makan. Bisa bayar uang sewa rumah)

Saat itu aku berfikir, apa yang harus ku katakan? Bagaimana cara menghibur seseorang yang telah banyak mengalami penderitaan dalam hidup nya? Kalau pun ku katakan: tetap semangat dan tetap bertahan, hidup memang seperti ini, penuh cobaan, pasti lah beliau lebih paham dari ku.

Saat itu aku hanya mendengarkan nya saja tanpa banyak bertanya lagi. Aku hanya bisa mengambil hikmah dari pertemuan ku dengan nya bahwa aku harus lebih banyak-banyak bersyukur. Selama ini aku mengeluh karna aku telat masuk kuliah jika di bandingkan dengan teman-teman ku di Aceh. Selama ini aku sering mengeluh karna merasa sangat-sangat kesepian berada di negeri orang. Selama ini aku mengeluh karna harus bekerja part-time untuk menambah uang saku ku sendiri. Memang, ini lah kehidupan. Cobaan akan selalu menerpa selama kita masih bernyawa.

Saat itulah aku sadar, bahwa aku tidak boleh selalu melihat ke atas karna di bawah sana masih banyak mereka-mereka yang hidup tidak berkecukupan. Jangan kan untuk sekolah, untuk biaya makan sehari-hari saja susah. Ya Rabb, terimakasih karna Engkau telah membukakan mataku. Ampuni aku yang masih saja kurang mampu mensyukuri nikmat-Mu.

*Semoga kisah ini bisa di jadikan pelajaran dan di ambil hikmah nya.
:)


No comments:

Post a Comment